Tips Memilih Kursi Kayu Minimalis dan Harganya Untuk Menata Ruang Tamu

Seiring waktu, banyak masyarakat lebih memilih desain minimalis untuk konsep beragam ruangan, khususnya untuk rumah. Memakai konsep minimalis memang mendatangkan sejumlah kelebihan, misalnya bagi ruangan berukuran tidak begitu besar atau bangunan dengan ukuran kecil. Satu ruang yang banyak diaplikasikan konsep ini adalah ruang tamu. Pemilihan kursi kayu minimalis dan harganya merupakan tugas yang mudah mudah sulit. Mungkin ada dari Anda yang sedang membangun rumah, ingin mengubah konsep ruang, atau pun baru saja pindah, pilihan model kursi tamu 2017 terbaru bisa menjadi pilihan terbaik. Nah, berikut beberapa tips dalam memilih kursi dan menata ruang tamu berkonsep minimalis.
Kursi Kayu Minimalis dan Harganya
foto : carvingfurniture.com




Sesuaikan Dengan Cat Ruang Tamu

Langkah paling dasar ketika memilih kursi untuk ruang tamu minimalis adalah dengan memperhatikan warna cat dinding ruang tamu itu sendiri. Umumnya cat dinding dalam konsep minimalis cenderung soft dan calm. Atau bisa dikatakan termasuk warna yang ‘netral’ cocok digabungkan dengan beragam warna lain. Pada ruang tamu minimalis, disarankan memilih warna cat dinding putih, broken white, krem, light grey, dan sejenisnya. Warna-warna seperti ini tidak hanya memberi kesan bersih dan minimalis, tetapi juga membuat ruangan terasa lebih luas. Nantinya bisa juga disandingkan dengan kursi jenis kayu jati dengan harga kursi kayu jati mewah bermodel sederhana.

Perhatikan Detail Penambahan Furnitur Ruangan

Tidak hanya kursi saja, Anda juga wajib memerhatikan detail dalam ruang tamu seperti furnitur tambahan berupa penyekat. Biasanya tidak sedikit pemilik rumah yang gemar menaruh penyekat ruangan antara tuang tamu dengan ruang sampingnya seperti ruang keluarga dengan tujuan memberi batasan privasi pemilik rumah. Penambahan furnitur seperti penyekat ruang dalam konsep ruang tamu minimalis sangat disarankan memilih model yang tipis, tanpa banyak bentuk atau motif yang kesannya ‘ramai’. Anda bisa pilih penyekat non-permanen, serta disesuaikan dengan model dan  harga kursi kayu ruang tamu dari segi material. Pilih penyekat dari kayu non-permanen yang polos dengan warna netral.

Meletakan Kursi dan Furnitur Lainnya

Ruangan minimalis menggambarkan ruangan dengan luas yang terbatas, disertai pemilihan furnitur sederhana dalam jumlah tidak sedikit. Ketika menata ruang tam dengan konsep minimalis, Anda bisa coba rapatkan furnitur ke area dinding agar mendapat kesna ruangan lebih luas, tidak berantakan. Model kursi kayu minimalis biasanya lebih kecil dan tidak terlalu rumit, sehingga bisa disandarkan pada dinding. Tidak hanya kursi, tetapi furnitur pendukung lain seperti rak, standing lamp, dan lain-lain. Rapatkan pada dinding dnegan tetap menatanya agar terlihat rapi dan sesuai. Hindari menata secara asal-asalan atau sekadar ingin membuat ruang terlihat luas. Karena jatuhnya malah tidak teratur.

Ukuran Furnitur Ruang Tamu Minimalis

Sebenarnya tidak ada patokan ukuran pada ruangan berkonsep minimalis, termasuk ruang tamu. Namun, pemilik rumah yang memakai konsep minimalis tentu fokus dengan meminimalisir pemakain furnitur karena keterbatasan ruangan. Maka pilih ukuran furnitur yang kecil, tetapi tetap berfungsi dengan semestinya. Maksudnya, jangan sampai memilih furnitur dengan ukuran terlalu kecil, padahal sebagian besar penhuni rumah memiliki perawatan tinggi yang malah nantinya mengurangi rasa nyaman. Pilih model kursi kayu sederhana dengan ukuran pas. Sesuaikan juga dengan kenyamanan penghuni rumah. Bukan hanya memerhatikan segi konsep minimalisnya saja.

Pemakaian Sofa Besar

Tidak jarang, sebuah ruangan minimalis dilengkapi dengan sebuah sofa besar yang disandarkan pada area dinding. Hal ini tentu boleh saja. Bila memang Anda kurang tertarik model kursi kayu untuk ruang tamu karena dirasa kurang nyaman ketika harus duduk berlama-lama. Pilih sebuah sofa besar dengan ukuran yang sesuai, memiliki warna yang juga pas dengan warna dinding, serta berikan tambahan aksesoris seperti bantal dengan jumlah yang sedikit. Imbangi memilih meja dalam ukuran mungil yang bisa ditaruh di depannya.

Memilih Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis

Selanjutnya, pemilihan furnitur adalah poin penting, tetapi ada satu poin lagi yang perlu diperhatikan dan dipertimbangan yaitu memilih hiasan dinding. Rasanya ada yang kurang bukan melihat ruang tamu tanpa memiliki hiasan di dindingnya? Setidaknya ada sebuah jam dinding, dan satu hingga dua figura berisi foto. Anda juga bisa menempelkan cermin yang berhadapan dengan area sofa atau kursi. Hal ini mampu memberi efek ruangan terlihat lebih luas dan dari segi pencahayaan pun menjadi lebih baik. Ukuran cermin yang dihadapkan pada area model kursi kayu terbaru pilihan Anda tidak perlu terlalu besar. Cukup ukuran sedang, ditempel pada bagian tengah atas dinding.

Menyesuaikan Jendela dan Pintu

Pastinya ketika ingin menata sebuah ruang tamu, sangat bergantung pada letak pintu dan jendela. Tidak mungkin menaruh furnitur di area yang menutupi pintu dan jendela, kan? Nah, maka dari itu harus disesuaikan dengan jendela dan pintu. Lebih baik jangan sampai menutupi area jendela sebagai jalan cahaya untuk masuk. Bila ukuran pintu ruang tamu cukup besar, hindari menaruh furnitur terlalu dekat dengan area pintu karena akan mengurangi rasa nyaman ketika masuk dan keluar rumah. Selain itu juga akan terlihat sempit.

Bolehkah Memakai Wallpaper?

Berencana mengaplikasikan wallpaper pada dinding dan dilengkapi dengan model kursi kayu unik milik Anda? Boleh saja, asalkan perhatikan pemilihan motif wallpaper. Tentu semua sudah tahu bahwa memakai wallpaper pada dinding akan menambah warna hingga mengubah konsep sebuah ruangan. Hindari memilih motif wallpaper terlalu ramai dan dengan warna yang cenderung bisa mematikan keindahan sebuah ruang tamu. Anda bisa aplikasikan wallpaper hanya di satu sisi dinding saja, misalnya di dinding tempat menyandarkan kursi atau sofa.

Memilih Karpet

Sebagian besar ruang tamu pasti diberi karpet agar tambah cantik, memberi rasa nyaman lebih pada tamu yang datang, juga memberi kesan hangat. Mmeilih karpet untuk sebuah ruang tamu dengan konsep minimalis disarankan yang memiliki ukuran kecil, ditaruh di area tengah ruangan atau di bawah meja. Bentuk karpet bisa bulat, oval, hingga persegi. Motifnya bisa disesuaikan dengan warna model kursi kayu modern ruang tamu Anda. Jangan terlalu terang dan dengan detail motif yang rumit. Karena jadinya terlalu ramai dan ‘sumpek’.

Pilih Furnitur Dengan Fungsi Ganda

Tips terakhir, Anda bisa memilih furnitur ruang tamu yang memiliki fungsi ganda untuk mengurangi pemakaian furnitur. Contohnya, pilih meja yang bawahnya bisa juga sebagai rak buku, atau pilih model kursi dan sofan yang di bagian bawahnya terdapat laci menyimpan barang. Begitu juga pajangan dinding berupa rak kecil yang sekaligus bisa sebagai tempat menaruh vas bunga.
Itu dia beberapa tips menata ruang tamu minimalis dan informasi harga kursi kayu ruang tamu minimalis sebagai solusi mempercantik rumah. Jangan lupa sesuaikan dengan selera Anda dan menomer satukan kenyamanan. Karena ruang tamu juga bisa dijadikan area ruang keluarga.

Post a Comment for "Tips Memilih Kursi Kayu Minimalis dan Harganya Untuk Menata Ruang Tamu"